Postingan

Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018

Penetapan kebutuhan jumlah atau jenis jabatan pegawai negeri sipil yang selanjutnya disebut kriteria penetapan kebutuhan adalah merupakan pemberian pertimbangan guna memenuhi kebutuhan jenis dan jumlah serta kenis jabatan pegawai negeri sipil di instansi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Nawacita dan mendukung rencana pembangunan jangka menengah nasional. Adapun salinan Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan (Formasi) Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, adalah sebagai berikut; Pada pasal 1 (1)   Penetapan kebutuhan secara nasional tahun 2018 yaitu Zero Growth. (2) Total alokasi penetapan kebutuhan untuk Instansi Pusat dan Daerah sejumlah 238.015 dengan rincian: a. Instansi Pusat sebanyak 51.271 b. Instansi Daerah sebanyak 186.744 (3)   Kriteria penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 Prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Tahun

Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas

Mengakhiri tahun 2017/2018 Pemerintah resmi mengeluarkan Permendikbud no 15 tahun 2018 tentang beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini ditanda tangani pada tanggal 23 Mei 2018 dan terdiri dari tiga lampiran. Dikeluarkannya permendikbud ini tidak terlepas dari beban kerja bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah sebagai Aparatur Sipil Negara 37,5 jam/minggu. Dalam permendikbud ini secara rinci diatur beban kerja guru sebanyak 40 jam dalam satu minggu di administrasi pangkal atau Satminkal. Dimana beban kerja tersebut terdiri atas 37,5 jam kerja efektif dan 2,5 jam istirahat. Tidak beda dengan guru, beban kerja kepala sekolah dan pengawas juga sebanyak 40 jam dalam satu minggu di administrasi pangkal. Sekolah diperkenankan untuk menambah jam istirahat, namun tidak boleh mengurangi jam kerja efektif. Beban Kerja Guru Pelaksanaan beban kerja bagi guru selama 37,5 jam kerja efektif mencakup lima kegiatan pokok guru. 1.

Mekanisme Aproval Mutasi PTK di Dapodik

Gambar
MEKANISME APROVAL MUTASI PTK DI DAPODIK 1. Tarik PTK terlebih dahulu secara Online di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id oleh Operator Dapodik Sekolah melalui akun manajemen sekolah. Atau bisa langsung ke laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ 2. Bekoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk meminta persetujuan Aproval Data dengan persyaratan sebagai berikut : KEPALA SEKOLAH PNS/NON PNS : - Surat Pengantar dari UPTD khusus SD Negeri (berlaku selama peran UPTD masih aktif). - Surat Pengantar dari Kepala Sekolah apabila utusan yang mengantar. - SK Mutasi Kepala Sekolah dari Bupati (Sekolah Negeri), Ketua Yayasan (Sekolah Swasta). - FC KTP (untuk proses pencarian PTK yang tidak memilik NIP berdasarkan NIK) GURU STATUS PNS : - Surat Pengantar dari UPTD khusus SD Negeri (berlaku selama peran UPTD masih aktif). - Surat Permohonan Aproval Data dari kepala sekolah yang dituju. - SK Mutasi /Nota Tugas. - SK Pembagian Tugas/SK KBM. - FC Iijazah Minimal S1 dan

Cara Mendapatkan Titik Koordinat Lokasi Untuk Dapodik

Gambar
Mendapatkan koordinat suatu lokasi bisa kita lakukan dengan bantuan Google Maps. Bahkan mungkin saja itu merupakan cara yang paling mudah. Titik koordinat memang bermanfaat terutama jika kita ingin menunjukkan suatu lokasi tertentu pada peta. Untuk pendataan Dapodikdasmen 2019 ada pengisian titik koordinat pada peserta didik yang harus diisi, dan apabila tidak diisi berakibat diinvalidkan pada semestar 2 TP 2018/2019. Berikut cara mencari koordinat di Google Maps. 1.   Buka website Google Maps (http://www.google.co.id/maps). 2.     Cari lokasi yang ingin diketahui koordinatnya. 3.     Klik kanan pada lokasi tersebut dan Pilih What’s Here? (atau Ada Apa di Sini?) 4.     Koordinat lokasi tersebut akan muncul di bawah yang diberi tanda kotak merah 5.   Lalu copikan titik koordinat ke dalam dapodik peserta didik. Bagaimana, mudah kan? Agar lebih paham, coba praktekan dilaptop anda.

Persiapan Aplikasi Dapodikdasmen Pergantian Tahun Ajaran 2018/2019

Gambar
Pada saat ini kita memasuki Tahun Ajaran Baru 2018/2019, dimana terjadi proses kelulusan siswa, proses kenaikan tingkat dan juga proses penerimaan siswa baru. Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik. Pergantian tahun ajaran baru juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik, dikarenakan secara teknis juga akan dilakukan pembaruan terhadap aplikasi Dapodikdasmen. Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen senantiasa dilakukan untuk mengakomodir adanya kebijakan, perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data. Maka saat ini Setditjen Dikdasmen sedang menyiapkan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru untuk digunakan pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Sejalan menunggu dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen versi baru tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para Operator Dapodik sebagai berikut: 1. Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 b Dapat Dilakukan Sampai Dengan Tanggal 15 J

Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019

Gambar
Yth. Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan, kami mohon kerjasama Saudara agar mengintruksikan ke seluruh satuan pendidikan di wilayah Saudara sesuai dengan kewenangannya untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut: Setiap Satuan Pendidikan  wajib melakukan pemetaan mutu  dengan melengkapi data dalam instrumen pemetaan mutu melalui pengisian aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi terbaru dan pemutahiran data melalui aplikasi Dapodik 2018.b Kepala sekolah, perwakilan guru, perwakilan siswa dan perwakilan komite sekolah untuk  mewakili sekolah dalam mengisi secara langsung, jujur, dan bertanggungjawab  terhadap kondisi penyelenggaraan pendidikan mengunakan aplikasi Pemet

FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD UNTUK PERINTAH MICROSOFT WORD

Gambar
Kita akan mempelajari fungsi-fungsi tombol pada MICROSOFT WORD. Tombol-tombol atau tuts pada Keybord memiliki perbedaan fungsi dari setiap aplikasi yang anda gunakan. contohnya fungsi tombol untuk microsoft word berbeda dengan program paket lainya atau aplikasi lainya. Berikut ini adalah fungsi-fungsi tombol untuk Program Paket Microsoft Word : FUNGSI TOMBOL-TOMBOL PADA KEYBOARD ESC : Membatalkan/keluar dari suatu perintah/menu TAB : Memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan CAPS LOCK Mengaktifkan Huruf besar dan mengnonaktifkan huruf besar menjadi kecil ALT & CTRL Membantu mengoperasikan/menjalankan perintah program DELETE : Menghapus 1 karakter pada posisi kursor ENTER : Berpindah ke baris baru/mengakhiri sebuah paragraf INSERT : Menyisipkan karakter HOME : Memindahkan kursor ke posisi paling kiri suatu baris PAGE UP : Menggulung layar monitor ke atas seukuran tampilan pada monitor PAGE DOWN Menggulung layar monitor ke bawah seukuran tampilan pd monitor END : Memindahkan kursor ke a

Langkah-langkah Unduh Rapor Mutu PMP 2017

Gambar
Sistem informasi penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Sistem informasi penjaminan mutu pendidikan ini bertujuan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, daerah dan nasional berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.Fungsi sistem informasi penjaminan mutu pendidikan ini adalah untuk mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mengetahui capaian rapor mutu PMP adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. buka website http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id 2. Klik tombol Login 3. Setelah muncul menu login, isi kolom username dan password. Lalu klik tombol Login 4. Kemudian klik menu Rapor mutu 5. untuk melihat rapor PMP tahun 2017, klik menu Tahun 2017 6. Akan muncul Rapor PMP Tahun 2017, seperti gambar di bawah

PEDOMAN PENYUSUNAN KALENDER PENDIDIKAN TP 2018/2019

Gambar
PERATURAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH NOMOR : 421/06729 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penerimaan Calon Tenaga Kontrak Tahunan Universitas Terbuka 2018

Gambar
Universitas Terbuka akan menerima Calon Tenaga Kontrak Tahunan (TKT) tahun 2018 sejumlah 212 (dua ratus dua belas) orang untuk ditempatkan di kantor UT-Pusat sejumlah 92 orang dan 120 orang untuk kantor UPBJJ-UT, dengan rincian jabatan sebagai berikut: 1.         Pengadministrasi Data Perundang-Undangan 2.         Pengadministrasi Keuangan 3.         Pengadministrasi Perencanaan dan Program 4.         Pengadministrasi Umum 5.         Pengelola Barang Milik Negara 6.         Pengelola Data Pelaksanaan Program dan Anggaran 7.         Pengelola Database Surat Perintah Membaya 8.         Pengelola Informasi Akademik 9.         Pengelola Situs/web 10.     Pengelola Wisma 11.     Pengolah Data Beasiswa dan Bantuan 12.     Pengolah Data dan Informasi 13.     Perancang Grafis 14.     Pustakawan 15.     Teknologi Pendidikan PERSYARATAN A. Persyaratan Umum 1.         Usia setinggi-tingginya 32 tahun 0 bulan 0 hari pada 31 Desember 2018. 2.         IPK minimal 2,75. 3.     Ijazah terakreditasi mi