Pembahasan Langkah Pembuatan dan Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
pembahasan lengkap rpp-k-13 - gurune.net |
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, bukuteks pelajaran, buku panduan guru, dan referensi lain yang mendukung.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Komponen RPP
Komponen RPP merujuk pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016, terdiri atas:
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- kelas/semester;
- materi pokok;
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
- materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai;
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- penilaian hasil pembelajaran.
Catatan: Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran |
Prinsip - Prinsip Penyusunan RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan (termasuk didalamnya kegiatan evaluasi), dan pertimbangan daya dukung. Tahap pertama, perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan
Langkah – langkah Penyusunan RPP
- Mengkaji silabus tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.
- Merumuskan indikatorpencapaian KD.
- Mengembangkan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
- Menjabarkan kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media,alat, bahan, dan sumber belajar.
- Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuat pedoman penskoran.
- Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian.
- Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
Contoh Format RPP Tematik Terpadu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU Sekolah : .................................. Kelas/Semester : .................................. Tema : .................................. Subtema : .................................. Pembelajaran ke : .................................. Alokasi Waktu : .................................. A. Kompetensi Inti (KI) 1. ............................................................................................................................... 2. ............................................................................................................................... 3. ............................................................................................................................... 4. ..............................................................................................................................
PPKn
Bahasa Indonesia
Matematika
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Langkah-langkah Pembelajaran Sebelum kegiatan pendahuluan guru melakukan pembiasaan penerapan literasi dan atau penguataan pendidikan karakter, misalnya membaca 15 menit, memperdengarkan dan atau menyanyikan lagu nasional dan daerah. 1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan inti adalah pendekatan saintifik, yaitu : · Mengamati · Menanya · Mengumpulkan informasi/mencoba · Menalar/mengasosiasi · Mengomunikasikan
G. Penilaian 1. Teknik penilaian 2. Instrumen penilaian 3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar 1. Media/alat 2. Bahan 3. Sumber Belajar
|
Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD Negeri ............
Kelas/Semester : I/1(satu)
Tema : 1. Diriku
Subtema : 2. Tubuhku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan. | 3.4.1.Menyebutkan minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat. 3.4.2.Membaca minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat. 3.4.3.Menentukan kartu kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan. |
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan /atau tulis. | 4.4.1.Menggunakan kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan, dengan bantuan bahasa daerah. |
PPKn
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 1.2.1.perilaku patuh |
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 2.2.1.perilaku disiplin |
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 3.2.1.Menjelaskan aturan makan (sebelum, saat, dan sesudah) |
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 4.2.1.Menunjukkan sikap mengikuti aturan makan di rumah (sebelum, saat, dan sesudah). |
SBdP
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari. | 3.3.1.Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian. |
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari. | 4.3.1.Memeragakan gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat membaca nama bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3. Dengan permainan memilih kartu kata, siswa dapat menentukan kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan.
4. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan aturan sebelum, saat , dan sesudah makan di rumah dengan tepat.
5. Melalui simulasi/bermain peran/presentasi sederhana, siswa menunjukkan sikap mengikuti aturan saat makan dengan tepat.
6. Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan tepat.
7. Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan. (Catatan : Tujuan nomor 7 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
8. Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan. (Catatan : Tujuan nomor 8 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
D. Materi Pembelajaran
1. Kosakata anggota tubuh.
2. Aturan makan di rumah.
3. Gerak anggota tubuh dalam tari
E. Metode Pembelajaran
Eksplorasi, Diskusi, dan Tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 Menit)
1. Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambilmengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2. Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat). Berdoa dapat dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk (Selama berdoa guru mengamati dengan seksama sikap siswa saat berdoa).
3. Siswa satu demi satu menyampaikan komitmen tentang sikap yang ingin mereka tunjukkan hari ini. (Ini adalah salah satu upaya pembiasaan untuk penguatan karakter). Bisa diawali oleh guru misalnya komitmen guru hari ini ingin menunjukkan perilaku tepat waktu.
4. Siswa diajak meneriakkan yel-yelpenyemangat (guru silahkan berkreasi menciptakan yel-yelpenyemangat).
5. Siswa menyimak guru membacakan syair lagu “Dua Mata Saya” dengan intonasi dan ekspresi yang menarik (sebelumnya guru sudah menempelkan syair lagu yang akan dibacakan di papan tulis, diupayakan berukuran besar).
6. Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan tentang isi teks lagu (jika siswa kurang merespon, maka guru berusaha memancing pertanyaan dari siswa), misalnya :
- Apa isi syair lagu tersebut?
- Kosa kata apa saja yang mereka peroleh dari syair lagu tersebut?
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang judul lagu, pengarang, dan hal-hal lain yang menarik yang dapat dicermati dari lagu tersebut, untuk membiasakan siswa mengapresiasi karya orang lain.
8. Siswa diminta memperkirakan apa yang akan mereka pelajari terkait dengan syair yang baru didengarkan. Guru merespon pendapat siswa sambil mengarahkan agar siswa mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai termasuk sikap yang akan dinilai selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (145 Menit)
1. Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” bersama-sama.
2. Setelah bernyanyi, siswa diminta mengamati gambar anggota tubuh yang dipajang guru di papan tulis (gambar tersebut belum dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).
3. Salah satu siswa diminta menunjukkan bagian-bagian tubuh yang ada dalam teks lagu “Dua Mata Saya”. Guru meminta siswa menunjukkan kata pada syair lagu tersebut yang merupakan nama anggota tubuh.
4. Siswa diarahkan untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh yang ditunjuk oleh guru.
5. Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan menanyakan huruf yang ada pada kartu nama tersebut. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan huruf dan membaca katanya.
6. Siswa menempelkan kartu nama tersebut pada bagian tubuh yang dimaksud/ditunjuk.
7. Siswa diperlihatkan kartu lain, hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
8. Siswa dan guru mengecek bersama, dengan menunjuk salah satu bagian dan membacakan kartu nama anggota tubuh yang tertempel. Jika ada yang kurang tepat, siswa lain membetulkan.
9. Setelah semua kartu nama anggota tubuh terpasang, guru memandu siswa membaca semua nama anggota tubuh tersebut bersama-sama.
10. Siswa diberikan tantangan untuk membaca nama-nama anggota tubuh yang ditunjuk guru secara mandiri (guru mengamati sikap percaya diri siswa).
11. Siswa menjawab pertanyaan guru, bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat?. (Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
12. Siswa menyimak penjelasan guru bahwa makan harus dilakukan dengan aturan-aturan tertentu. Guru bertanya apakah siswa memiliki aturan makan di rumah masing-masing?. Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, misalnya:
- apakah tadi pagi sudah makan?;
- sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan?;
- jika makan di mana?, di meja makan atau boleh di mana saja?;
- saat makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendirisendiri?;
- bagaimana sikap saat makan?;
- bagaimana sikap jika sudah selesai makan?.
13. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa membentuk pasangan untuk bertukar informasi.
14. Siswa saling menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan makan di rumah, baik sebelum, saat makan, dan sesudahnya (selama siswa berdiskusi guru mengamati sikap kerja sama siswa).
15. Siswa diminta menunjukkan/mempresentasikan hasil tanya jawab tentang sikap saat makan di rumah (guru mengamati sikap percaya diri siswa).
16. Siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa sebelum, saat, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
17. Siswa menyimak rangkuman guru atas semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan makan di rumah. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
- Mencuci tangan sebelum makan.
- Berdoa sebelum makan.
- Duduk saat sedang makan.
- Tidak berbicara ketika sedang mengunyah makanan.
- Tidak mengambil makanan berlebihan.
- Berdoa setelah makan.
- Merapikan bekas makan sendiri.
18. Siswa menyimak penguatan guru untuk mengikuti aturan saat makan.
19. Siswa difasilitasi untuk berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru mengarahkan diskusi akan pentingnya menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti berlari, bersepeda, senam, juga dengan menari. Menari juga menyehatkan tubuh, karena menari melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
20. Siswa diajak bersenang-senang dengan menggerakkan anggota tubuh sambil bernyanyi dan mengingat kembali nama-nama anggota tubuh (lihat buku siswa halaman 41
21. Guru memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
- Sikap berdiri, pandangan ke depan.
- Kedua tangan di pinggang.
- Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
- Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
22. Awalnya seluruh siswamelakukan gerakan dengan arahan guru. Lalu bergantian perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan teman-temannya (saat siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri, kerja sama, maupun kedisiplinan).
23. Setelah menari, guru menanyakan perasaan siswa. Guru juga mengingatkan kembali pentingnya menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
24. Sebagai akhir dari kegiatan siswa mengerjakan lembar kerja di buku siswa halaman 42 dan 43.
Penutup (15 menit)
1. Siswa menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan menjawab pertanyaan:
- Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
- Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
- Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
- Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah
belajar?
- Apakah kamu merasa telah berhasil menunjukkan sikap yang tadi pagi ingin kamu tunjukkan?
2. Siswa menyimak penguatan dan kesimpulan pembelajaran hari ini yang disampaikan guru.
3. Siswa bersama guru merayakan keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yelpenyemangat.
4. Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
5. Selesai berdo’a,siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua
G. Penilaian
1. Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No. | Tanggal | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Tindak Lanjut |
1. | |||||
2. | |||||
3. | |||||
4. | |||||
5. |
2. Pengetahuan: Lembar latihan pada buku siswa halaman 42 dan 43.
3. Keterampilan
a. Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks
Aspek | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Menyebutkan anggota tubuh | Seluruh kosakata anggota tubuh dapat diucapkan dengan benar | Sebagian besar kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar | Sebagian kecil kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar | Belum dapat mengucapkan kosakata anggota tubuh dengan benar |
Memasangkan gambar dan kata | Seluruh gambar dan kata dipasangkan dengan benar | Sebagian besar gambar dan kata dipasangkan dengan benar | Sebagian kecil gambar dan kata dipasangkan dengan benar | Belum dapat memasangkan gambar dan kata dengan benar |
b. PPKn : Mendiskusikan dan mempresentasikan informasi tentang aturan di rumah
Aspek | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Menyebutkan contoh aturan di rumah | Menyebutkan 4 contoh aturan di rumah | Menyebutkan 3 contoh aturan di rumah | Menyebutkan 2 contoh aturan di rumah | Menyebutkan 1 contoh aturan di rumah |
Menggali informasi | Menggali informasi dari teman dengan sangat baik | Menggali informasi dari teman dengan baik | Menggali informasi dari teman dengan cukup baik | Belum mampu menggali informasi dari teman |
c. SBdP : Memeragakan gerak anggota tubuh dalam tari
Aspek | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gerakan | Seluruh gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru | Sebagian besar gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru | Sebagian kecil gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru | Belum dapat melakukan gerakan tari sesuai contoh yang diberikan guru |
H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
- Buku cerita singkat tentang anggota tubuh (akan sangat baik kalau bukunya berukuran besar).
- Gambar tentang anggota tubuh
- Kartu bertuliskan nama bagian-bagian tubuh
- Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi dan menari.
- Lem/double tape/perekat lainnya.
- Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I, Tema 1: Diriku, Subtema 2: Tubuhku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Refleksi Guru |
................, ..............2017
Mengatahui, Guru Kelas I
Kepala Sekolah
(.......................................) (.......................................)
Contoh RPP Tematik Terpadu Kelas IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD Nusantara
Kelas/Semester : IV/1 (satu)
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. | 3.1.1.Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis. |
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan. | 4.1.1.Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran. |
IPS
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. | 3.2.1.Menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman- teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap. |
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. | 4.2.1.Mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis. |
IPA
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. | 3.6.1.Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap. |
4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi. | 4.6.1.Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.
7. Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan. (Catatan : Tujuan nomor 7 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
8. Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan. (Catatan : Tujuan nomor 8 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
D. Materi Pembelajaran.
1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung pada sebuah paragraf.
2. Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama Bangsa Indonesia.
3. Sifat-sifat bunyi.
E. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, membuat peta pikiran,
wawancara dan percobaan.
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu | |||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan suasana, guru dapat menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 17, Maka mintalah siswa dengan nomor absen 17 untuk memimpin doa). 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. 4. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5. Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Lakukan operasi semut jika kelas masih kurang rapi. 6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, dan peduli yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca nyaring 15 menit (Catatan : akan lebih baik jika Guru membacakan buku cerita rakyat, atau buku lain yang sesuai dengan materi). · Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: - apa yang tergambar pada sampul buku? - apa judul buku? - kira-kira buku ini menceritakan apa? - pernahkah kamu membaca judul seperti itu? - apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini? · Pada saat membaca, guru menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama. · Setelah guru membacakan buku, siswa diminta membuat peta cerita/mind map. 9. Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Ampar-ampar Pisang, atau lagu daerah setempat. Berikan penguatan bahwa negara kita kaya akan lagu daerah. | 30 menit | |||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti | 1. Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. Siswa diminta mengamati. 2. Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan terkait gambar yang diamati. 3. Siswa diajak berdiskusi tentang pakaian adat, rumah tradisional dan makanan daerah. 4. Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini akan mempelajari budaya Indonesia. 5. Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman budaya Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan pembuka, asal suku para siswa (misalnya, Suku Jawa, Sunda, Minang, dst). 6. Siswa berpasangan saling mendiskusikan asal suku masing-masing. Jika mayoritas siswa berasal dari suku yang sama, siswa diminta untuk menceritakan 1 suku yang mereka ketahui. 7. Hasil diskusi dibahas dan disimpulkan secara klasikal. 8. Siswa dibagi dalam kelompok dengan 3-4 anggota. Mintalah setiap kelompok untuk membaca teks ‘Pawai Budaya’ pada Buku Siswa (BS) Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 1, halaman 1-2. Mintalah siswa untuk menandai paragraf dengan nomor 1 s/d 5. 9. Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok. 10. Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi tentang isi paragraf 1. 11. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Siswa yang lain diminta memberikan tanggapan. Kelompok melakukan perbaikan atas masukan siswa yang lain. 12. Lakukan hal yang sama untuk paragraf 2. 13. Siswa menyimak penjelasan guru tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung sebuah paragraf. 14. Siswa bersama guru mendiskusikan kata-kata sulit yang terdapat dalam paragraf. 15. Siswa melanjutkan aktivitas secara mandiri dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, 5 dalam bentuk peta pikiran, sebagaimana bentuk peta pikiran pada BS halaman 4, 5, dan 6. 16. Selama siswa melakukan aktivitas membuat peta pikiran. Guru dapat berkeliling untuk memberikan penguatan. Peta pikiran dapat dinilai dengan rubrik. 17. Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas. 18. Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 5 teman di kelas atau lintas kelas. 19. Selama siswa melakukan wawancara, guru dapat melakukan pendampingan, sekaligus memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung. 20. Hasil wawancara dituangkan dalam tabel pada BS halaman 8. 21. Siswa menyimak penguatan yang disampaikan guru tentang pentingnya sikap saling menghargai keragaman budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia. 22. Setelah mengisi tabel. Aktivitas dilanjutkan dengan mengisi pertanyaan sebagaimana pada BS halaman 8. 23. Siswa menyimak penguatan guru tentang sikap syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa tentang keberagaman bangsa Indonesia. 24. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa menuliskan pada kolom BS halaman 9 tentang contoh sikap saling menghargai keberagaman dan yang tidak menghargai keberagaman. 25. Siswa saling mendiskusikan tugas yang telah diselesaikan. 26. Segarkan suasana dengan ice breaking : Tepuk Cek Bum. Prosedurnya :
27. Siswa diajak berdiskusi, mengapa sebuah tepukan dapat kita dengar?. Guru memberikan penguatan tentang sifat-sifat bunyi. 28. Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang berbagai alat musik tradisional yang ada di buku siswa serta mengisi tabel pada halaman 11. 29. Siswa melakukan eksplorasi menggunakan benda-benda yang terdapat di sekitar kelas. 30. Setiap siswa diminta mengambil 5 benda yang ada di sekitar kelas, yang menghasilkan bunyi yang berbeda.
31. Siswa diminta membunyikan benda-benda tersebut. 32. Siswa diminta menuliskan hasil temuan mereka pada tabel.
33. Siswa dibimbing untuk merumuskan permasalahan. 34. Permasalahan dirumuskan dalam pertanyaan, misalnya (1) mengapa alat musik tradisional berbunyi ketika dimainkan?, (2) mengapa peralatan seperti panci, piring, peluit, dan sendok dapat dibunyikan dengan perlakuan tertentu?
36. Siswa dengan dibimbing guru, mencari informasi untuk menyakinkan dugaannya, misalnya dengan membaca berbagai buku sumber. Guru dapat mengarahkan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat mengantarkan siswa untuk meyakinkan jawabannya. 37. Siswa mencatat informasi yang diperolehnya. 38. Siswa mencocokkan informasi yang diperoleh dengan percobaan yang dilakukannya. Misalnya, bunyi terjadi karena ada sesuatu yang digetarkan pada benda tersebut. 39. Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok dengan kelompok lain. 40. Siswa menyimpulkan dugaannya berdasarkan percobaan yang dilakukan. 41. Siswa menyimak penguatan guru atas hasil percobaan mengenai proses terjadinya bunyi. 42. Selanjutnya, setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda dan menampilkan hasil karya kombinasi bunyi secara bergantian. 43. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di BS halaman 14 dan 15 berdasarkan hasil kerja sama mereka dalam menciptakan kombinasi bunyi. 44. Siswa menyimak penguatan guru bahwa dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman. | 165 menit | |||||||||||||||||||||||||||||
Penutup | 1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ; · Apa saja yang telah dipahami siswa? · Apa yang belum dipahami siswa? · Bagaimana perasaan selama pembelajaran?. 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua, yaitu : meminta orangtua untuk menceritakan pengalaman menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah dan menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, dan peduli. 5. Siswa menyanyikan lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’ 6. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 7. Untuk tetap menumbuhkan keceriaan, siswa melakukan tepuk gemuruh. Siswa diminta tepuk tangan dengan volume mengikuti gerakan tangan guru. Ketika posisi tangan guru di bawah, siswa tepuk tangan pelan. Ketika gerakan tangan guru semakin ke atas, suara tepukan semakin kencang. 8. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 Menit |
G. Penilaian
1. Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No. | Tanggal | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Tindak Lanjut |
1. | |||||
2. | |||||
3. | |||||
4. | |||||
5. |
2. Pengetahuan
Muatan | Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
Bahasa Indonesia | · Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis. | Tes tertulis | Soal uraian |
IPS | · Menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap. | Tes tertulis | Soal isian |
IPA | · Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap. | Tes tertulis | Soal uraian |
3. Keterampilan
a. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar | Belum dapat menemukan gagsan pokok |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar | Belum dapat menemukan gagasan pendukung |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran | Menyajikan seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran |
b. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. | Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. | Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap | Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap | Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara |
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama | Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis | Mengomunika-sikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis | Mengomunikasikan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis | Belum dapat Mengomunikasi-kan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara |
c. IPA
Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara
menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik:
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Cara menghasilkan bunyi | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap | Belum dapat menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi |
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis | Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi |
Sikap rasa ingin tahu | Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan |
4. Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
5. Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan
pertunjukan kombinasi bunyi di kelas Lain.
H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat : Buku cerita rakyat atau buku cerita lain yang sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat musik (disesuaikan dengan kondisi sekolah).
Bahan : -
Sumber Belajar : Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Refleksi Guru |
............, ......................2017
Mengatahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
(.......................................) (.......................................)
Komentar
Posting Komentar